Warung Bebas

Wednesday, December 12, 2012

Pengertian Efektif dan Efisien

Kata efektif dan efisien sangat sering kita katakan terutama di bangku kelas. Ketika membahas suatu perencanaan dan sebuah tujuan dan program kerja seringkali kata efektif dan efisien digunakan. Memang kedua kata tersebut tepat untuk konteks yang berorientasi tujuan atau hasil. Lalu apa pengertian dan perbedaan kata efektif dan efisen yang kadang malah jadi rancu  dalam pemahaman.

Pengertian Efektif dan Efisien

Efektif
"Bisa mencapai tujuan yang maksimal dari yang diharapkan

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Kata efektif berarti ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya);  manjur atau mujarab (tt obat); dapat membawa hasil; berhasil guna (tt usaha, tindakan);  mulai berlaku (tt undang-undang, peraturan). Sedangkan definisi dari kata efektif yaitu suatu pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. 

Efektifitas bisa juga diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Misalnya jika suatu pekerjaan dapat selesai dengan pemilihan cara-cara yang sudah ditentukan, maka cara tersebut adalah benar atau efektif.

Efisien
 "Hemat biaya tenaga dan waktu, mendapatkan hasil maksimal tanpa mengeluarkan banyak"

Sedangkan arti kata efisien menurut kamus besar bahasa Indonesia yaitu tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya),  mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat,  berdaya guna, bertepat guna. Sedangkan definisi dari efisien yaitu Sedangkan efisiensi adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. 

Efisiensi menganggap bahwa tujuan-tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara-cara yang paling baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Efisiensi hanya dapat dievaluasi dengan penilaian-penilaian relatif, membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima. Misalnya suatu pekerjaan dapat dikerjakan dengan cara A dan cara B. Untuk cara A dapat dikerjakan selama 1 jam sedangkan cara B dikerjakan dengan waktu 3 jam. dengan begitu dengan cara A (cara yang benar) baru bisa dikatakan cara yang efisien bila dibandingkan dengan cara B.

0 comments em “Pengertian Efektif dan Efisien”

Post a Comment

 

New Gadget Everyday Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger