Warung Bebas

Tuesday, November 13, 2012

Lokasi Sentra Gudeg di Jogja


Kota wisata Yogyakarta dan kuliner Gudeg adalah 2 yang hal yang tidak bisa dipisahkan adalah ciri khar Jogja. Ada lokasi-lokasi sentra Gudeg di Jogja, dan warung Gudeg yang paling populer di Jogja. Tentu salah asatu atau bahkan keduanya akan menjadi tujuan pengunjung dariluar kota untuk bisa menikmati makanan khas Jogja tersebut.

Sentra Gudeg Wijilan

Ingin mengunjungi kawasan dengan berderet-derat penjual Gudeg? Silahkan menuju Jl Wijilan Yogyakarta. Kawasan Wijilan paling kondang sebagai sentra gudeg. Wijilan berada tidak jauh dari kompleks Kraton Yogyakarta dan dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki atau dengan naik becak. Diawali oleh Bu Slamet yang mulai berjualan sejak tahun 1946, kini sekitar 17 warung berderet memenuhi sisi Jl. Wijilan. Anda bisa memilih gudeg sesuai dengan selera. 

Warung Gudeg Populerdi Jogja

1. Gudeg Yu Djum
Jl. Wijilan 31. Menyajikan gudeg kering dengan rasa manis khas masakan Jogja. Kreceknya diiris kecil kemudian dimasak menjadi sambal goreng kering berwarna kekuningan. Jika menginginkan gudeg yang tidak terlalu manis.

2. Gudeg Bu Ahmad
Jl. Kaliurang km 4,5. Warung gudeg Bu Ahmad, terletak di sebelah utara fakultas Kehutanan UGM, dengan plang besar berwarna coklat, pasti anda akan mudah menemukannya saat menyusuri sisi utara selokan mataram Fakultas Kehutanan UGM. Gudeg Bu Ahmad termasuk sebagai gudeg kering, atau gudeg yang tidak berkuah. Rasanya cukup lebih manis dari gudeg basah. 

Sebenarnya masih banyak warung-warung Gudeg di kota Jogja lainnya. Namun yang kami sebutkan di atas, memilika kepopuleran karena rata-rata sudah masuk di acara kuliner di televisi.
Kota Jogja adalah kota Gudeg yang anda bisa menemui para penjual yang buka di setiap pinggir jalan di pagi  hari pukul 05.00 - 09.00.

0 comments em “Lokasi Sentra Gudeg di Jogja”

Post a Comment

 

New Gadget Everyday Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger